Selamat datang di situs web Pramuka PRASDEWA Gudep 05-163 05-164 dan PRASWARI Gudep 05-163 05-164

Mengenal Sejarah Berdiri Pramuka di Indonesia


Pramuka ialah sebuah organisasi kepanduan yang dibangun di Indonesia di tanggal 14 Agustus 1961. Tetapi, sejarah pramuka sebetulnya telah diawali sejak awal kali era ke-20, saat Pergerakan Kepanduan (Scouting) pertama kalinya dikenalkan di Inggris oleh Robert Baden-Powell di tahun 1907.

Di tahun 1912, Pergerakan Kepanduan mulai dikenalkan di Indonesia dengan seorang Belanda namanya JHR. Van der Bosch. Pergerakan Kepanduan di Indonesia sebelumnya terbatas pada kelas-kelas atas orang Belanda dan golongan pribumi yang terdidik. Tetapi, di tahun 1921, Pergerakan Kepanduan mulai tumbuh cepat di Indonesia dan semakin makin tambah meluas ke beragam kelompok masyarakat. Di saat itu, Pergerakan Kepanduan di Indonesia tetap namanya Gerakan Pramuka yang bermakna Pengembara Muda.

Di tahun 1927, Pergerakan Pramuka Indonesia dengan cara resmi dibangun dan memulai dianggap oleh pemerintahan penjajahan Belanda. Di saat itu, Pergerakan Pramuka Indonesia tetap dipegang oleh orang Belanda. Tetapi, di tahun 1940, beberapa pimpinan Pramuka Indonesia mulai membuat organisasi yang mandiri dan berdiri dengan sendiri.

Sesudah Indonesia merdeka di tahun 1945, Pergerakan Pramuka Indonesia jadi organisasi kepramukaan yang dianggap oleh pemerintahan. Di tahun 1961, Pramuka jadi organisasi kepramukaan yang sah di Indonesia dan dinamakan "Gerakan Pramuka Indonesia".

Semenjak itu, Gerakan Pramuka Indonesia semakin berkembang dan menjadi satu diantara organisasi kepramukaan paling besar di dunia. Pramuka Indonesia sudah lakukan beragam aktivitas dan program untuk tingkatkan ketrampilan, semangat berkebangsaan, dan watak beberapa anak Indonesia. Sekarang ini, Pramuka Indonesia mempunyai sekitaran 21 juta anggota dari beragam umur dan background di semua Indonesia.